Selasa, 14 September 2010

bulliform cell (sel kipas)

SEL KIPAS (BULLIFORM CELL)
Sel kipas merupakan salah satu derivate dari jaringan epidermis. Oleh karena itu pada artikel ini akan di singgung terlebih dahulu sedikit tentang jaringan epidermis.
Pengertian Jaringan Epidermis
Epidermis merupakan jaringan paling luar pada setiap organ tumbuhan, misal : batang, akar, daun, dan sebagainya. Juga pada bunga, buah dan biji sebelum mengalami penebalan sekunder. Epidermis melindungi bagian dalam organ tumbuhan, sehingga disebut jaringan pelindung.
Pada Eperdermis daun, dibeberapa tempat mengalami perubahan bentuk menjadi stomata, membentuk lapisan lilin dan lapisan kutikula diatas permukaan selnya. Pada Epidermis daun dan batang, juga mengalami perubahan bentuk menjadi rambut-rambut halus (trikoma). Epidermis pada ujung akar membentuk rambut-rambut akar.
Bentuk-bentuk sel epidermis, bermacam-macam, misalnya seperti kubus/prisma, tidak teratur dari permukaan merupakan segi banyak, ada yang dindingnya berkelok-kelok tidak teratur, memanjang pada Monokotil.





Ciri-ciri epidermis:
·        Letak sel rapat
·        Selnya hidup
·        Tidak berklorofil, kecuali sel penjaga dari stomata.
·        Tidak dapat ditembus air dari luar, kecuali epidermis akar muda.
·        Dapat ditembus udara.
·        Dalam hal tertentu epidermis dapat menguapkan air.

Fungsi epidermis :
  • ·        Sebagai pelindung terhadap hilangnya air karena adanya penguapan
  • ·        Sebagai pelindung terhadap kerusakan mekanik 
  • ·        Sebagai pelindung terhadap perubahan toC
  • ·        Sebagai pelindung terhadap hilangnya zat-zat makanan

Sifat-sifat sel epidermis :
·        Selnya masih hidup, susunan rapat satu sama lain, tanpa Ruang Antar Sel.
·        Plasma sel merupakan selaput, melekat pada dinding sel dengan sebuah vakuola yang besar di pusat yang berisi cairan sel.
·        Plastida umumnya berupa leukoplas, hanya pada beberapa tumbuhan tertentu beberapa Pteridophyta dan tumbuhan air dan tumbuhan yang hidup di tempat teduh dapat dijumpai kloroplas.
·          Dinding luar yang berbatasan dengan udara luar relatif lebih tebal daripada dinding sel sebelah dalam. Dinding luar epidermis biasanya mengandung kutin (senyawa lemak) terdapat di antara / dalam ruang inter fibrilar / inter miselar selulosa.

Derivat epidermis
Merupakan suatu bangunan/alat tambahan pada epidermis yang berasal dari sel inisial yang sama dengan epidermis tertentu yang mempunyai struktur dan fungsi yang berlainan dengan epidermis itu sendiri. Macam-macam derivat epidermis diantaranya stomac(ta), trikoma(ta), sel kipas(cell bulliform), sel kersik, velamen, litokis, dll.
SEL KIPAS/BULLIFORM CELL
Merupakan derivate epidermis yang mempunyai struktur sel yang berdinding tipis dengan vakuola yang besar dan ukuran sel lebih besar dibandingkan sel-sel epidermis. Sel-sel ini terdapat di seluruh permukaan adaksial daun/berupa deretan sejajar yang terpisah di antara tulang-tulang daun.
Sel-sel ini tersusun seperti kipas dan sel pusatnya adalah yang susunannya paling tinggi. Sel kipas mengandung banyak air dan tanpa/hampir tidak mengandung kloroplas. Dindingnya terdiri dari bahan-bahan selulosa dan pektin, dinding paling luar mengandung kutin dan diselubungi kutikula. Plasma sel berupa selaput yang melekat pada dinding sel dan berfungsi menyimpan air. Sel kipas berfungsi dalam proses pembukaan gulungan daun dalam tunas dan untuk mengurangi penguapan yang berlebihan. Jika udara panas, air dalam sel kipas akan menguap, sel kipas akan mengerut sehingga luas permukaan atas daun akan lebih kecil dari luas permukaan bawah. Oleh karenanya daun akan menggulung dan akan mengurangi penguapan lebih lanjut. Untuk pembukaan gulungan daun, jika air dalam vakuola sel kipas bertambah maka sel akan mengembang sehingga luas permukaan atas daun akan melebar. Oleh karena itu tunas atau daun muda yang menggulung  akan membuka dan tumbuh sampai menjadi dewasa.  Dijumpai pada Gramineae dan anggota Monocotyledoneae yang lain, kecuali Helobiae,

 







Sumber:
Estiti B. Hidayat. 1995. Anatomi Tumbuhan Berbiji. Bandung: ITB
http://lena-unindrabio2a.blogspot.com/2009/05/epidermis-dan-derivat-derivatnya-gabus.html
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar